Informasi Singkat

---- Selamat Datang di Website KPPN Painan ---- Rekonsiliasi SAIBA menggunakan E-Rekon-LK bulan Juli 2016 dapat dilakukan setelah tanggal 10 Agustus 2016----- -----

Pembuatan Gaji Pegawai dengan Dua atau Lebih Bank Penerima

Keluarnya PMK Nomor 11 Tahun 2016 tentang penyaluran gaji PNS, Polri dan TNI Republik Indonesia pada bank umum secara terpusat, mengatur kembali jumlah dan komposisi bank pembayar dalam satu Satker. Dalam PMK ini diatur bahwa jumlah bank pembayar ditentukan sebagai berikut :

  1. Dengan satu bank pembayar (bank konvensional/syariah)
  2. Dengan dua bank pembayar ( 1 Bank konvensional dan 1 bank syariah)
  3. Dengan tiga bank pembayar (1 bank konvensional dan 2 bank syariah)

PMK ini kemudian dipertegas dengan Surat Direktur Pengelolaan Kas Negara nomor 1745/PB.03/2016 tanggal 17 Februari 2016 yang mengatur :

  1. Satker yang telah menerapkan lebih dari satu bank pembayar tetap dapat dilanjutkan
  2. Satker yang setelah PMK ini baru menerapkan lebih dari satu bank pembayar untuk mengikuti ketentuan yang terdapat dalam PMK tersebut.

 Sebelum memutuskan untuk beralih kepada bank pembayar baru dalam hal ini Bank Syariah, Satker perlu melakukan pengecekan kepada KPPN bersangkutan apakah bank yang dimaksud  telah terdaftar ke dalam sistem SPAN atau belum. Jika sudah terdaftar, satker dapat melakukan pergantian bank pembayar namun jika belum terdaftar maka satker menunggu sampai bank tersebut terdaftar dalam sistem SPAN.

Pergantian bank pembayar ini dilanjutkan dengan perubahan pada Aplikasi yang dibagi menjadi tiga yaitu :

1.       Perubahan pada sisi Aplikasi GPP

 Dalam pembuatan GPP ini akan menggunakan contoh Satker KPPN Painan (634409) dengan rincian 4 dari 18 pegawai beralih ke Bank Syariah Mandiri dari sebelumnya di BRI (2 bank pembayar di Satker).

Langkah-langkah pembuatan GPP dengan 2 bank pembayar sebagai berikut :

  • Buka aplikasi GPP 2016 (versi 8 Januari 2016)
  • Masuk dengan menggunakan user super atau user lain yang bertindak sebagai operator
  • Pilih menu pegawai
  • Pilih submenu data pegawai
  • Pilih pegawai yang diubah
  • Pilih Ubah
  • Sesuaikan data nomor rekening, kode bank SPAN, dan sandi bank SPAN dengan data pegawai yang pindah bank pembayar gaji. Setelah data sama, klik ok untuk menyimpan data. Lakukan proses tersebut kepada pegawai lain yang berpindah bank penyalur.
  • Setelah itu pembuatan gaji dilakukan dengan memilih sub menu proses perhitungan gaji pada menu gaji. Proses pembuatan gaji dengan dua bank pembayar dilakukan secara terpisah berdasarkan bank pembayar. Untuk satker KPPN Painan (634409) gaji bulan juni terdapat 2 gaji induk dengan rincian gaji induk dengan bank pembayar BRI (14 pegawai) dan gaji induk dengan bank pembayar Bank Mandiri Syariah (4 pegawai).
  • Proses gaji selanjutnya sama, cetak sampai dengan pengujian oleh PPSPM dan terbentuk daftar perubahan pegawai serta ADK GPP dan PRB.

 2.       Perubahan pada Aplikasi SAS

  • Langkah pertama dalam pembuatan gaji ini dengan membuat supplier baru yang berbeda dengan supplier yang lama. Dalam contoh ini dapat dibuat “Para Pegawai KPPN Painan (BSM)“.
  • Penambahan supplier dapat dilakukan melalui user admin, menu referensi satu, submenu supplier, lalu pilih tambah dan isikan data sesuai dengan sebenarnya.
  • SPP dibuat seperti biasanya, yang menbedakan gaji induk dibuat dua kali untuk mengakomodir 2 bank yang berbeda.
  • SPM yang terbentuk nantinya terdiri dari 2 SPM dengan dua bank pembayar dalam contoh ini terbentuk SPM dengan bank pembayar BRI dan BSM.

 3.       Perubahan pada informasi supplier SPAN

  • terkait perubahan bank pembayar ini satker perlu menyampaikan kepada KPPN terkait pegawai mana yang berpindah bank pembayar sekaligus melakukan penonaktifan pegawai yang pindah pada supplier yang lama.
  • Format surat penonaktifan tipe pegawai dapat dilihat pada lampiran XI Perdirjen Perbendaharaan Nomor 58 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Informasi Supplier dan Kontrak.
  • surat ini dapat diajukan bersaman dengan pengajuan SPM Gaji Induk

Background Image

Header Color

:

Content Color

: