Informasi Singkat

---- Selamat Datang di Website KPPN Painan ---- Rekonsiliasi SAIBA menggunakan E-Rekon-LK bulan Juli 2016 dapat dilakukan setelah tanggal 10 Agustus 2016----- -----

LKPP 2015 Dapat Opini WDP dari BPK

Jakarta, 06/06/2016 Kemenkeu - Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2015 kembali memperoleh opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Hal ini terungkap saat penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPP Tahun 2015 kepada Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta pada Senin (6/6).

Sepeti diketahui, sebelumnya, pemerintah telah menyampaikan LKPP (unaudited) kepada BPK pada 30 Maret 2016. Selanjutnya, BPK melakukan pemeriksaan selama dua bulan sejak menerima LKPP dari pemerintah. BPK juga melakukan review atas pelaksanaan transparansi fiskal yang berpedoman pada praktik-praktik yang baik dalam transparansi fiskal. Hasil review secara keseluruhan menunjukkan pemerintah telah memenuhi sebagian besar kriteria transparansi fiskal secara memadai.

Dari pemeriksaaan atas 86 entitas, secara keseluruhan, BPK mengapresiasi pemerintah, khususnya Kementerian Keuangan dan jajarannya yang telah berupaya menjaga kualitas laporan keuangan. Hal tersebut terlihat dari jumlah Kementerian/Lembaga (K/L) yang memperoleh opini Wajar Tanpa Pengeculian (WTP). Untuk tahun 2015, tercatat sebanyak 56 K/L memperoleh opini tertinggi dari BPK tersebut. Selanjutnya, 26 K/L memperoleh opini WDP, serta empat K/L memperoleh opini Disclaimer (Tidak Menyatakan Pendapat).

Sebagaimana dikutip dari website Kementerian Keuangan

Background Image

Header Color

:

Content Color

: