Informasi Singkat

---- Selamat Datang di Website KPPN Painan ---- Rekonsiliasi Periode Juni 2017 dilaksanakan menggunakan Aplikasi SAIBA Versi 4.1 paling lambat tanggal 17 Juli 2017 , Penyampaian Reviuw halaman 3 DIPA paling tanggal 10 Juli 2017 ----- -----

Implementasi Go-Green Satu Pegawai Satu Pohon KPPN Painan Tahun 2017

SATU PEGAWAI SATU POHON

1.      Latar Belakang

Sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor SE-92/PB/2016 tentang Penyelenggaraan Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2017, salah satu program Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2017 adalah pelaksanaan Gerakan Green Office, yaitu suatu inovasi di Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang akan menerapkan konsep tentang kantor yang kegiatannya dijalankan secara ramah lingkungan, berupa perkantoran yang bersih dan efisien dalam pemanfaatan sumber daya alam dan energi, serta berbudayayang ramah dan berpihak pada upaya pelestarian lingkungan secara berkelanjutan.

Selanjutnya, melalui Surat Edaran Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor SE-18/PB/2017 tentang Program Perbendaharaan Go GreendiLingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan, “Gerakan Green Office ini lebih dijelaskan kedalam bentuk-bentuk kegiatannya yang dapat dilakukan dan disesuaikan di setiap unit lingkup Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

Selanjutnya melalui S-4119/PB/2017 tanggal 28 April 2017 ditunjuklah Duta Transformasi Sebagai Role Model Laku Budaya Go Green dengan beberapa prioritas salah satunya yakni “Program satu pegawai satu pohon”Artinya untuk mewujudkan terlaksananya penerapan go green, kegiatan ini melibatkan setiap personil kantor tanpa terkecuali dan diharapkan secara proaktif dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan mendorong kepedulian seluruh pemangku kepentinganterhadap lingkungan.

 

2.      Maksud dan Tujuan

Program “Perbendaharaan Go Green” merupakan:

a.      Bentuk kepedulian Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan khususnya KPPN Painan terhadap lingkungan.

b.      Upaya meningkatkan brand image Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan KPPN Painan.

c.       Upaya meningkatkan efisiensi belanja dan produktivitas kerja.

d.      Upaya mengedukasi seluruh ASN Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan khususnya ASN KPPN Painan agar berpartisipasi aktif (proaktif) dalam pelestarian lingkungan.

e.      Sarana komunikasi publik Direktorat Jenderal Perbendaharaan sebagai organisasi yang memiliki komitmen dan strategi yang responsif terhadap kelestarian lingkungan.

f.        Implementasi program “Perbendaharaan Go Greenpada KPPN Painan disertai orientasi kenyamanan dan keamanan untuk peningkatan produktivitas layanan KPPN Painan.

 

3.      Ruang Lingkup

 Penyelenggaraan program “Perbendaharaan Go Green” Satu Pegawai Satu Pohon pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Painan, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat (KPPN Painan).

 

4.    Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan Satu Pegawai Satu Pohon di KPPN Painan telah dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 21 April 2017. Hal tersebut merupakan kesepakatan bersama antara kepala kantor, seluruh pegawai serta pegawai PPNPN pada kegiatan morning call pada hari kamis tanggal 20 April 2017.  Sehubungan dengan keterbatasan media tanam, pelaksanaan penanaman satu pegawai satu pohon dilaksanakan menggunakan pot berukuran besar untuk kemudian dilakukan penataan tanaman di area musholla KPPN Painan.

Kegiatan selanjutnya berlangsung pada Jum’at tanggal 7 Juli 2017 dengan melibatkan pegawai dan honorer KPPN Painan. Adapun kegiatan ini merupakan kali kedua di tahun 2017 yakni sejak saat pertama kali diedarkannya Surat Edaran SE-18/PB/2017 tentang Program Perbendaharaan Go Green di Lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan, “Gerakan Green Office”.

Kegiatan Penanaman pohon lanjutan ini terlaksana sehubungan dengan telah dilakukannnya penataan terhadap beberapa tanaman yang telah tumbuh sejak lama di KPPN Painan. Sehingga telah terdapat beberapa area kosong yang strategis sebagai tempat tumbuh tanaman. Kegiatan di koordinatori oleh Kepala KPPN Painan Mokhamad Nurul Hidayattulloh dan Kepala Subbagian Umum KPPN Painan, Muhammad Yusuf.

 

2.    Jumlah Tanaman

Adapun sampai dengan tanggal 7 Juli 2017 telah dilakukan penanaman tanaman sejumlah 10 batang tanaman keras dengan rincian tanaman sebagai berikut :

a.    Tanaman Kelengkeng :2 batang

b.    Tanaman Jambu : 2 batang

c.    Tanaman Mangga : 3 batang

d.    Tanaman Kedondong : 1 batang

e.    Tanaman sawo : 2 batang

f.     Tanaman lainnya meliputi Tomat, Cabai, dan Tanaman Lidah Mertua

 

3.    Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan

 

Pelaksanaan Program Perbendaharaan Go Green dengan tema satu pegawai satu pohon saat ini baru terlaksana di level internal KPPN Painan. Semangat itu akan semakin tumbuh seiring dengan pemahaman dan kesadaran para pegawai untuk turut melaksanakan program secara kolektif, tidak hanya sampai pada tahap penanaman namun berlanjut sampai pada perawatan terhadap tanaman tersebut.

 

Selain itu, implementasi Program Perbendaharaan Go Green dapat diselaraskan dengan kegiatan program budaya yang telah disusun blue print-nya atau dilekatkan pada kegiatan kantor sehingga dapat dilaksanakan dengan biaya yang seminimal mungkin.

 

Kedepannya diharapkan semangat Go Green satu pegawai satu pohon tidak hanya sampai dengan level internal KPPN Painan, namun juga diharapkan bisa menular kepada mitra KPPN Painan, khususnya satker mitra KPPN. Upaya upaya tersebut juga sudah disosialisasikan pada beberapa kegiatan seperti Kegiatan Hari Bakti Perbendaharaan, kegiatan sosialisasi EPA, serta penyampaian informasi budaya go green melalui sarana banner yang dipasang diruang layanan.

 

Namun demikian, berbagai kegiatan Go Green yang dilakukan tidak boleh mengurangi tingkat kenyamanan dan tidak boleh mengabaikan keamanan para pegawai dalam beraktivitas yang dapat menggagalkan pencapian tujuan peningkatan produktivitas layanan KPPN Painan.

Program Perbendaharaan Go Green yang dilaksanakan di KPPN Painan tidak hanya bermanfaat secara jangka pendek tapi juga mempunyai manfaat jangka panjang, yaitu lestarinya lingkungan yang hijau dan nyaman serta hemat energi untuk generasi yang akan datang.Energi yang ada sekarang sebagiannya adalah milik anak cucu kita. Hijaukan kembali demi masa depan bumi kita.

 

 

Background Image

Header Color

:

Content Color

: